Permainan Bintang Beralih

PERMAINAN KUCING-KUCINGAN

A. LATAR BELAKANG

Permainan kucing-kucingan merupakan satu diantara sekian permainan tradisional yang dimiliki oleh masyarakat jawa. Penamaan permainan ini tampaknya berasal dari perilaku dalam permainan, yaitu menirukan tingkah laku seekor kucing yang sedang mengejar atau menangkap mangsanya, khususnya tikus.
Asal usul permainan ini sudah menjadi milik masyarakat sehingga tidak atau belum diketahui secara pasti mengenai pencipta maupun tempat asalnya serta waktu permulaannya.
Waktu memainkan permainan kucing-kucingan sebenarnya dapat dilakukan siang maupun malam hari dengan catatan dalam keadaan terang atau pemain dapat melihat pemain lainnya. Namun demikian, biasanya dilakukan oleh anak-anak pada waktu senggang dan ini biasanya ada pada waktu sore hari. Sedangkan tempat permainan biasanya dilakukan dihalaman yang tidak harus luas, kira-kira bidang persegi berukuran minimal 3 meter.
Permainan ini dapat dilakukan oleh sembarang anak, baik laki-laki maupun perempuan yang telah memiliki kecepatan lari yang baik. Biasanya dilakukan oleh anak-anak usia sekolah antara 6-11 tahun.

B. TUJUAN
Mengisi waktu luang, melatih kelincahan dan kekompakan.

C. MANFAAT
Gembira, meningkatkan kebugaran, kelincahan, dan kekompakan.

D. SASARAN
Anak-anak usia Sekolah Dasar putra.

E. PERATURAN PERMAINAN
1. Lapangan
Masing-masing penjaga bergandengan melingkar. Setelah itu ditempat berpijak kita kasih tanda melingkar dan tidak mudah hilang.

O : Penjaga
: Kucing (yang jadi)

2. Pemain
Masing-masing regu mengirimkan 6 pemain Sekolah Dasar putra.
3. Lama Permainan
Lama permainan 2 x 15 menit (istirahat 5 menit)
4. Jalannya Permainan
Setelah diadakan undian, yang kalah jadi kucing. Dari sekian pemain diambil yang paling lincah. Yang menang undian jaga bergantian dengan melingkar dan tempat berpijak kita kasih tanda. Penjaga berusaha saling pindah tempat berpijak sekali dapat tukar tempat mendapatkan nilai satu. Dan seterusnya sampai waktu habis. Dan si kucing berusaha merebut tempat berpijak pada mereka yang sedang mengadakan pergantian tempat, bila kucing dapat menempati tempat tersebut maka diadakan pergantian (yang jaga jadi kucing dan kelompok kucing menjadi penjaga).
5. Penilaian
Setelah selesai permainan, jumlah nilai terbanyak menjadi juara

About these ads

One Response to “Permainan Bintang Beralih”

  1. adik saya sedang mengerjakan skripsi dengan judul “upaya meningkatkan kesegaran jasmani siswa melalui permainan beralih bintang”. sekarang dia lagi bingung tentang buku atau literatur yang bisa di pakai. bisa kah anda meng e-mail saya dan membrikan kami info? dan satu pertanyaan, apakah sama beralih bintang dengan bintang beralih? dan mengapa kucing kucingan?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: